Selasa

Meja Sablon Rotary Kayu

Berawal dari hobi bikin kaos sablon untuk dijual dan rasa ingin tahu tentang seluk beluk dunia persablonan dan yang utama sebenarnya biar bisa nyablon sendiri, jadi g repot untuk cari tempat sablon buat nyablon kaos  pesanan orang serta biar irit biaya. Aku bertekad untuk belajar nyablon, tp setelah tny2 dan cari mencari tempat kursus sablon terdekat ternyata tidak ada, sekalinya ada biayanya lumayan mahal!
Akhirnya dengan tekad yang bulat aku putuskan untuk belajar sendiri saja. Dengan bermodalkan tekad dan kuota internet aku browsing sana-sini cari informasi tentang dunia persablonan. Setelah mengerti sedikit teori kini rasa penasaran untuk mempraktekannya mulai menggebu-gebu, jadi aku putuskan untuk membeli alat-alat sablon paketan unutk pemula.
Setelah beberapa kali mengalami kegagalan dalam mempraktekan, akhirnya berhasil juga kaos sablon yang aku buat. Bangga rasanya hati ini, tapi semua itu tidak membuat rasa keingintahuan tentang sablon berhenti sampai disini. Justru rasa itu membuat aku jadi tambah semangat untuk menggeluti dunia persablonan.
Sekarang level percobaan sudah naik dari tadinya yang cuma sablon satu warna ingin coba yang beberapa warna. Ternyata alat yang dibutuhkan semakin banyak juga, aku coba cari informasi lagi tentang bagaimana cara sablon untuk beberapa warna. Banyak yang mereferensikan pakai sablon sistem todong, ada juga yang bilang pakai meja rotary. Tanpa banyak pikir aku coba cari-cari meja rotary seken karena menurutku itu cara yang sangat praktis untuk sablon beberapa warna. Ternyata eh ternyata, harganya tidak murah. Bahkan bisa dibilang sangat MAHAL.....!
Tanpa pikir panjang, aku langsung putar otak lagi unutuk bisa membuat sendiri meja royary dari kayu. Tetapi setelah aku lihat di blog kang ibnu ada ternyata ada bahan tambahan selain kayu yang harus dibeli entah dimana. Karena aku coba tanya-tanya di toko material g ada barang yang aku butuhkan. Aku coba tanya ke WARTEG ternyata yang ada hanya makananku saja yang dia jual. He-21x------!
Cape mutar muter tapi g ada hasilnya, aku coba membuat meja sablon rotary dari kayu yang aku lihat di internet dengan sedikit modifikasi sendiri dan bahan seadanya saja!
Berikut Gambar meja rotary hasil buatanku:

Berikut videonya:
Meja rotary ini terbuat dari bahan kayu triplek dg tebal 12mm dobel 2, dan aku rancang portabel atau bongkar pasang karena ruangan ditempatku agak sempit.
Biaya yang dikeluarkan dalam pembuatan meja rotary ini cukup murah, karena bahan yang digunakan serta alat pelengkapnya pun menggunakan seadanya saja. Total semua perhitungannya kira-kira Rp. 500.000,00 belum termasuk ongkos tukang, karena meja ini aku kerjakan di waktu luang saja!
Untuk detail dari pembuatan meja ini akan aku jabarkan di postingan berikutnya.
begitulah kiranya apa yang bisa aku tuliskan, mohon maklum kalau ada salah kata ataupun tulisan di artikel ini, karena sesungguhnya aku bukan seorang penulis yang handal.
Terima kasih buat waktunya, mohon masukan saran & kritiknya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jasa Pengiriman